Open Nav
Sambutan Direktur Utama
Written by Humas


 

It is not the years in your life
but the life in your years that counts.

- Abraham Lincoln -


Selama 28 tahun Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) telah melewati banyak keberhasilan dan tantangan. Masa-masa awal menghadapi berbagai kesulitan, tuntutan perubahan jaman, tantangan untuk maju, telah membentuk wajah Perum Perindo hari ini.

 

Beberapa hal yang menggambarkan kondisi Perum Perindo saat ini diantaranya :

  1. Kepercayaan dari para pemangku kepentingan di Kementerian BUMN dan KKP luar biasa besar dalam bentuk dukungan kebijakan, peluang dan pengelolaan aset.
    2. Kepercayaan para partner baik di usaha pelabuhan, nelayan, pedagang, pengusaha perikanan, BUMN, di dalam dan luar negeri semakin besar. Ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya volume usaha Perum Perindo.
    3. Kepercayaan dari lembaga finansial semakin baik. Saat ini beberapa lembaga finansial memberi kesempatan untuk mendanai aktivitas usaha Perum Perindo. Tawaran dari beberapa lembaga finansial lain terus berdatangan karena mereka telah mendengar kredibilitas Perum Perindo. 4 Kepercayaan dari BUMN lain untuk bekerja sama dengan Perum Perindo dalam hal PKBL dan bisnis. Kami telah menandatangai penyaluran program kemitraan dengan Pertamina untuk petambak di Lampung sekitar 10 M, dengan PT Bukit Asam sekitar 11 M dan dengan Taspen sekitar 5 M. Saat ini sedang dilakukan pembicaraan tahap akhir dengan Bulog untuk kerjasama usaha perdagangan dengan total kapital yang bisa mencapai di atas 100 M.
    5. Revenue stream Perum Perindo telah tebentuk dengan baik dari usaha kepelabuhanan, perdagangan, penangkapan, budidaya dan water supply. Sampai minggu ke-3 Bulan Januari revenue kita sudah 67,2 M. Apabila rerata satu bulan revenue kami bisa mencapai 100 M, target RKAP kami yang 1,036 T optimis realistis mampu tercapai.

Tantangan ke depan tentu semakin banyak. Proses pendewasaan perusahaan memang akan melewati banyak kendala baik internal maupun eksternal. Tidak banyak perusahaan di Indonesia yang bisa melewati usia 25 tahun, namun bukan mustahil juga membangun perusahaan di Indonesia yang bisa berumur lebih dari 100 tahun (BRI, Dji Sam Soe, Toko Oen, dan lain-lain). Mimpi saya, Perum Perindo akan melewati usia 100 tahun itu.

Pekerjaan rumah kami untuk menata SDM, Aset, keuangan, proses bisnis, SOP, monitoring, kinerja dan sinergi dengan berbagai fihak masih harus kami perbaiki dan tingkatkan terus menerus. Ini memerlukan energi dan kedisiplinan yang luar biasa.

Usia 28 menggambarkan kekuatan, energi, keinginan, kegagahan, keberanian dan mimpi besar sehingga menjadi api semangat yang harus kami jaga bersama agar tidak padam, bahkan sampai 100 tahun ke depan.

 

Selamat ulang tahun Perum Perindo,

 

Maju usahanya,
Sejahtera karyawannya,


Salam hangat,

Risyanto Suanda

Direktur Utama