Open Nav
Sambutan Direktur Utama
Written by Humas


Sebuah kebanggaan sekaligus tantangan bagi Perum Perikanan Indonesia untuk menjalankan amanah sebagai Badan Usaha Milik Negara yang terus berupaya melakukan transformasi bisnis di bidang perikanan. Perusahaan senantiasa melanjutkan kebijakan restrukturisasi dan revitalisasi penguatan sumber daya perusahaan untuk menekan biaya dan meningkatkan efisiensi di segala bidang.

Berbagai terobosan dan inovasi kami lakukan untuk mengoptimalkan pendapatan dengan melakukan pengembangan usaha baru di luar jasa kepelabuhanan. Kami membentuk usaha baru antara lain penampungan dan penangkapan ikan dari nelayan, pengolahan, perdagangan, serta usaha perikanan budidaya. Kegiatan bisnis baru tersebut kami lakukan melalui pembentukan unit-unit usaha baru dan kegiatan budidaya di berbagai wilayah perairan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, perusahaan tidak berhenti melakukan perbaikan maupun peningkatan kapasitas fasilitas yang dimiliki  oleh cabang maupun unit bisnis Perum Perikanan Indonesia. Hal tersebut sebagai upaya menangkap peluang potensial dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas yang tertuang dalam PP No 9 Tahun 2013 tentang Perum Perikanan Indonesia.

Kebijakan pemerintah yang sangat mendukung dalam hal peningkatan produksi dan pemasaran hasil perikanan saat ini menjadi semangat bagi kami. Seperti halnya semangat Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti untuk membangkitkan kejayaan laut Indonesia. Dukungan kepercayaan pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan kesempatan untuk merevitalisasi aset-aset perikanan milik negara diharapkan mampu mempercepat lompatan kinerja.

Perusahaan telah menerapkan berbagai kebijakan diantaranya pemetaan dan penataan serta optimalisasi sumberdaya perusahaan, reduksi biaya dan peningkatan efisiensi, optimalisasi sarana prasarana usaha, pengembangan usaha baru, dan penambahan modal usaha. Kebijakan tersebut dilaksanakan dengan menjunjung 5 nilai perusahaan diantaranya Integritas, Semangat, Kebersamaan, Profesional, dan Visioner. Kami berharap, Transformasi bisnis Perum Perikanan Indonesia dapat memberikan kontribusi serta membantu mewujudkan visi perusahaan yaitu “Menjadi Perusahaan perikanan yang Tangguh, Terpercaya dan Penggerak Pertumbuhan Ekonomi”.

Syahril Japarin

Direktur Utama