Open Nav
Tata Kelola Perusahaan
Written by Humas

Tata kelola perusahaan atau corporate governance adalah suatu proses dan struktur yang digunakan oleh organ BUMN untuk mewujudkan nilai perusahaan dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholder lainnya, berlandaskan peraturan perundang - undangan dan nilai - nilai etika.

Tujuan Good Corporate Governance

Tujuan penerapan Good Corporate Governance sesuai Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-01/MBU/2011 Tanggal 1 Agustus 2011 adalah sebagai berikut :

  1. Mengoptimalkan nilai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar perusahaan memiliki daya saing kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga mampu mempertahankan keberadaannya dan hidup berkelanjutan untuk mencapai maksud dan tujuan BUMN.
  2. Mendorong pengelolaan BUMN secara profesional, efisien dan efektif serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian organ Perum.
  3. Mendorong organ Perum dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang - undangan, serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial BUMN terhadap pemangku kepentingan maupun kelestarian lingkungan di sekitar BUMN
  4. Meningkatkan kontribusi BUMN dalam perekonomian nasional
  5. Meningkatkan iklim yang kondusif bagi perkembangan investasi nasional

Dengan memperhatikan pentingnya tujuan penerapan Good Corporate Governance tersebut di atas, maka Perum Perikanan Indonesia berkomitmen untuk menerapkan praktik-praktik Good Corporate Governance dalam pengelolaan perusahaan sehari-hari. Komitmen tersebut diwujudkan antara lain dengan membangun infrastruktur Good Corporate Governance di lingkungan perusahaan, diantaranya adalah penyusunan Pedoman Tata kelola Perusahaan (Code of Corporate Governance).

Prinsip - prinsip dasar Good Corporate Governance

Pedoman Tata Kelola Perusahaan (Code of Corporate Governance) Perum Perikanan Indonesia dilandasi prinsip - prinsipGood Corporate Governance, yaitu Transparency, Accountability, Responsibility, Independency dan Fairness (TARIF).

  1.  Transparansi (Transparency)

        Keterbukaandalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi material dan relevan mengenai perusahaan.

  2.  Akuntabilitas (Accountability)

       Kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggung jawaban organ perusahaan, sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif

  3.  Pertanggung jawaban (Responsibility)

      Kesesuaian di dalam pengelolaan perusahaan terhadap peraturan perundang - undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat

  4.  Kemandirian (Independency)

      Suatu keadaan dimana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh tekanan dari pihak mana pun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang -       undangan yang berlaku dan prinsip korporasi yang sehat.

  5.  Kewajaran (Fairness)

      Keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak-hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Keberhasilan implementasi Pedoman Tata Kelola Perusahaan (Code of Corporate Governance) sangat tergantung pada komitmen dan dukungan seluruh organ perusahaan dalam menegakkan dan melaksanakan prinsip - prinsip Good Corporate Governance tersebut di atas.