Open Nav
Tata Kelola Perusahaan
Written by Humas

Tata kelola perusahaan atau Corporate Governance merupakan suatu proses dan struktur yang digunakan oleh organ BUMN untuk mewujudkan nilai perusahaan dalam jangka panjang dengan memperhatikan kepentingan pemangku kepentingan lainnya, berlandaskan peraturan perundang-undangan dan nilai-nilai etika, untuk mencapai Good Corporate Governance (GCG).

 

Tujuan penerapan GCG sesuai Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-01/MBU/2011 Tanggal 1 Agustus 2011, adalah sebagai berikut

 

  • Mengoptimalkan nilai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar perusahaan memiliki daya saing kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga dapat berkelanjutan dalam mencapai maksud dan tujuan BUMN.
  • Mendorong pengelolaan BUMN secara profesional, efisien, dan efektif serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian Perum.
  • Mendorong Perum dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial BUMN terhadap pemangku kepentingan, dan kelestarian lingkungan di sekitar BUMN.
  • Meningkatkan kontribusi BUMN dalam perekonomian nasional.
  • Meningkatkan iklim yang kondusif bagi perkembangan investasi nasional.

 

 

Dengan memperhatikan pentingnya tujuan GCG tersebut maka Perum Perindo berkomitmen untuk menerapkan praktik-praktik GVG dalam pengelolaan perusahaan sehari-hari, melalui pengembangan infrastuktur GVG di lingkungan perusahaan, seperti penyusunan Pedoman Tata Kelola Perusahaan (Code of Corporate Governance) yang meliputi prinsip-prinsip: Transparansi, Akuntabilitas, Pertanggung Jawaban, Kemandirian, dan Kewajaran.