Open Nav
Tingkatkan Ekonomi Perikanan Diawali dengan MoU Sistem Bisnis Perikanan

KBRN, Sabang: Pemerintah Kota Sabang sepakati nota kesepahaman kerja sama dengan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (PPI) di sektor perikanan, ditandai dengan Penandatanganan nota kesepahaman Memorandum Of Understending (MOU).

 

Nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Sabang dengan Perum Perikanan Indonesia, ditandatangani Walikota Sabang, Zulkifli H Adam, dan Direktur PPI, Syahril Jafarin, disaksikan Sekda Kota Sabang, Sofyan Adam, Wakil II DPRK Sabang, Afrizal, dan unsur pejabat Forkopimda Sabang, dan tokoh Panglima Laot serta masyarakat nelayan, di UPTD PPI Pasiran Kota Sabang, Jum'at (20/5/2016).

 

Kedua belah pihak sepakat mengadakan kerjasama dengan prinsip kemitraan, sinergi dan saling menguntungkan melalui optimalisasi Sistem Bisnis Perikanan dengan pemanfaatkan sarana dan prasarana fasilitas perikanan berupa, cold storage, pabrik es, dan Pelayanan Pelabuhan milik Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, yang sesuai dengan fungsi serta wewenang masing-masing guna kelancaran fungsi tugas kedua belah pihak.

 

Dalam kaitan itu, Walikota Sabang, Zulkifli H Adam, dalam sambutan kerjasama kedua belah pihak, menyambut baik atas kepercayaan PPI membantu dan memudahkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat nelayan di Sabang lebih baik.

 

“Mudah-mudahan dengan berdirinya Perum Perikanan Indonesia ini, akan memberikan kesejahteraan bagi nelayan Kota Sabang khususnya bagi nelayan Aceh, sehingga pertumbuhan ekonomi lebih merata,” harap Zulkifli H Adam, di Sabang.

 

Sementara Direktur Perum Perikanan Indonesia, Syahril Jafarin, di acara itu mengatakan, Kerjasama PPI disektor perikanan di Sabang akan diawali dengan tahap pembenahan fasilitas sarana dan prasarana yang ada terlebih dahulu, dengan menghidupkan kembali pabrik es, penambahan cold storage, menampung ikan segar hasil tangkapan nelayan, memproses sehingga tahap berikut untuk mengeksport ikan ke luar negari, ujarnya.

 

Nota kesepahaman yang ditandatnggani di Sabang pada tanggal 20 Mei 2016 itu, berlaku dalam jangka waktu 1 (satu) tahun sejak ditandatanggani dan dapat diperpanjang dengan persetujuan kedua belah pihak.

 

Prosesi penandatanganan MOU juga ditandai dengan pertukaran cindera mata kedua belah pihak antara Direktur Perum Perikanan Indonesia, Syahril Jafarin, kepada Walikota Pemerintah Kota Sabang, Zulkifli H Adam, dilanjuti dengan peresmian pencanangan papan nama kantor perwakilan Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia Unit Bisnis Lampulo dan Sabang, di UPTD PPI Pasiran Kota Sabang.

 

Penandatanganan nota kesepahaman MOU antara Pemerintah Kota Sabang dengan Perum Perikanan Indonesia, mengusung tema "Mari Kita Dukung Suksesnya Perikanan Tangkap Untuk Kesejahteraan Masyarakat Nelayan". (HBS/AKS)

 

Sumber