Open Nav
Gandeng Barata, Perum Perindo Bangun Pabrik Es di Lebak

LEBAK,- Komitmen Perum Perikanan Indonesia (Perindo) untuk terus membantu nelayan di Lebak berlanjut. Dalam waktu dekat, Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) bidang perikanan ini akan mewujudkan rencana membangun pabrik es di Lebak.

 

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik es kapasitas 30 ton/hari itu telah dilakulan Selasa (20/6) di lokasi Pabrik es tersebut di  Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak. Direktur Utama Perum Perindo Syahril Japarin melakukan peletakan batu pertama itu bersama Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Silmy Karim, mitra Perindo dalam pembangunan pabrik es ini, disaksikan Camat Wanasalam H. Karnaen.


"Insya Allah setelah lebaran, pembangunan akan langsung dimulai,'' kata Syahril Japarin. Masa pembangunan diperkirakan sekitar enam bulan. Sebelumnya, Perum Perindo sudah melakukan aktifitas membantu nelayan di Lebak dengan membeli ikan hasil tangkapan nelayan di sana. Selain itu juga melakukan pembinaan terhadap pembuat pindang ikan di Lebak. "Ini sesuai komitmen kami terhadap Bupati Lebak untuk membantu pengembangan sektor perikanan di Lebak, sekaligus melaksanakan penugasan dari Menteri BUMN dengan misi BUMN Hadir untuk Negeri,  dalam hal ini di Lebak," tambah Syahril.


Terkait dengan misi BUMN Hadir untuk Negeri itulah, lanjut dia, Perum Perindo menggandeng sesama BUMN, yakni PT Barata Indonesia dalam pembangunan pabrik es. Apalagi, Perum Perindo dan Barata sudah bersepakat untuk bermitra dalam pembangunan Infrastruktur perikanan, yang nota kesepahamannya ditandangani di Lebak juga.


Syahril menjelaskan, selain di Lebak, Perum Perindo dan Barata juga sudah bersepakat untuk bersama-sama membangun pabrik es di Natuna dan Pelabuhan Ratu. Selain itu, PT Barata yang merupakan BUMN bidang fabrikasi dan mesin, juga menjadi kontraktor dari salah satu proyek PMN Perum Perindo, yakni pembangunan docking di Belawan, Sumaters Utara.