Open Nav
Gandeng Nelayan Indramayu, Perum Perindo Beli Ikan Papua

Perum Perikanan Indonesia kembali mewujudkan komitmen untuk membantu nelayan yang menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Dalam waktu dekat, Perum Perindo akan mulai melakukan kerjasama pembelian ikan dengan nelayan asal Indramayu yang tergabung dalam Koperasi Perikanan Mina Sumitra.

Kerjasama itu diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Syahril Japarin dengan Ketua Koperasi Mina Sumitra Darto di  kantor Perum Perindo di Muara Baru, Jakarta. Ikut menyaksikan Kepala Seksi Bulog Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Uen Priatna dan General Manager Perum Perindo Cabang Jakarta Eko Hadriyadi.

Sebagai tindak lanjuit dari penandatanganan MoU itu, General Manager Cabang Jakarta Eko Hadriyadi didampingi Manajer Usaha Perum Perindo Cabang Jakarta Dicky Hertanto akhir pekan lalu berkunjung ke Indramayu untuk bertemu para nelayan di sana. Menurut Eko Hadriyadi, sudah ada kesepakatan lebih detil. ''Awal  Agustus ini ditargetkan sudah ditandatangani perjanjian kerjasama dan bisa segera mulai jalan kerjasama pembelian ikan ini,' kata Eko.

Nelayan anggota koperasi Mina Sumitra tersebut akan menangkap ikan ke wilayah Timika, Papua. Ada sekitar 300 kapal milik nelayan Mina Sumitra yang akan beroperasi ke Papua itu, dengan potensi produksi mencapai 5.000 ton per bulan.

Manajer Usaha Perum Perindo Cabang Jakarta Dicky Hertanto menambahkan, dengan dibeli oleh Perum Perindo di pelabuhan terdekat dengan lokasi penangkapan di wilayah Papua, para nelayan Indramayu itu tidak lagi perlu bolak balik ke Indramayu untuk menjual ikan hasil tangkapan.  "Kerjasama ini rencananya akan dimulai pada minggu kedua bulan Agustus 2017, setelah perizinan kapal-kapal selesai diurus" ucap Dicky.