Open Nav
Perum Perindo Bantu Alat Tangkap untuk Nelayan di Kolaka

KOLAKA.- Perum Perikanan Indonesia merealisasikan permintaan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membantu pengadaan alat tangkap bagi nelayan di Kabupaten Kolaka. Bantuan berupa bubu ikan itu diserahkan langsung ke para nelayan di Desa Hakatutobu, Kolaka, Jumat (8/9).

Ikut menyaksikan penyerahan bantuan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kolaka Ir. Syarifuddin,  MS, Ketua Koperasi Bening Sejahtera Kolaka yang memfasiltasi penyerahan bantuan ini, Asdar Pamma, serta puluhan nelayan calon penerima bantuan. Saat itu juga dilakukan penandatangan berita acara serah terima bantuan antara Sekretaris Perum Perikanan Indonesia Agung Pamujo dan Agus Ghafur selaku wakil dari nelayan.

Menurut Agung Pamujo, bantuan berupa bubu ikan ini Sesuai dengan permintaan nelayan. Bahkan, agar benar-benar sesuai, pembuatan bubu itu juga dikerjakan nelayan setempat. "Kami juga koordinasi dengan Dinas Perikanan Kolaka agar alat tangkap bantuan ini bukan saja sesuai kebutuhan tapi juga masuk katagori tanah lingkungan,"  katanya.

Di Kolaka sendiri, lanjut dia,  Perum Perindo berencana akan mengembangkan usaha pengolahan ikan dan juga budıdaya udang. "Kami berencana menbangun Unit Pengolahan Ikan agar bisa memberi nilai lebih hasil tangkapan nelayan setempat," kata Agung lagi.