Open Nav
Perum Perindo Sinergi dengan Pemkab Jember

JEMBER.- Perum Perikanan Indonesia terus mengembangkan bisnis di Jawa Timur.  Jember menjadi wilayah berikutnya di Jawa Timur yang siap dijadikan lokasi pengembangan  Bisnis Perikanan Perum Perindo. 

Langkah awal dari pengembangan bisnis di Jember ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur Utama Perum Perindo Syahril Japarin senang Bupati Jember dr Hj. Faida, MMR di pendapa Kabupaten Jember, Rabu (11/10). "Kami senang bisa hadir di Jember untuk mengembangkan potensi bisnis Perikanan di Jember," kata Dirut Perum Perindo.


Selain merupakan wujud dari komitmen Kementerian BUMN Bahwa BUMN Hadir untuk Negeri, pengembangan bisnis di Jember ini juga dilandasi potensi besar sektor perikanan di Jember. Antara lain keberadaan Pelabuhan Perikanan (di Puger) yang rencananya juga akan dilengkapi dengan Integrated Cold Storage (ICS), produksi perikanan tangkap yang bagus serta ketersediaan lahan untuk usaha budidaya. "Apalagi Ibu Bupati menyambut kami dengan begitu hangat. Jadi Perindo siap untuk Kerjasama mengelola fasilitas di Pelabuhan Perikanan seperti ICS, atau fasilitas lain, serta pengembangan usaha budidaya," tambah Syahril.


Bupati Faida sendiri juga menyambut baik rencana Perum Perindo hadir di Jember. "Harapan kami tentunya bisa mengoptimalkan potensi perikanan di Jember untuk meningkatkan perekonomian daerah, khususnya kesejahteraan nelayan," katanya. Bupati yang juga dokter ini menyatakan harapannya agar Perum Perindo bisa mengelola ICS yang merupakan bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan. "Kami bersyukur bisa dibantu ICS oleh Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) dan lebih bersyukur lagi Perum Perindo mau bekerjasama untuk pengelolaan ICS, agar ICS ini bisa maksimal manfaatnya bagi nelayan dan usaha Perikanan di Jember," tambahnya lagi.


Sebelum di Jember,  di Jawa Timur Perum Perindo memiliki kantor Cabang di Pelabuhan Perikanan Brondong, Lamongan,  Pelabuhan Perikanan Prigi, Trenggalek dan Pelabuhan Perikanan Pacitan. Tahun 2017 ini Perum Perindo juga menjajaki untuk pengembangan usaha di Probolinggo, Banyuwangi dan Sumenep. Bidang usahanya utamanya pengusahaan pelabuhan perikanan dan sarana produksi seperti ICS, pabrik es,  docking serta perdagangan dan pengolahan ikan. (*)