Open Nav
Diresmikan Presiden, Perum Perindo Siap Mendampingi Petambak Muara Gembong

BEKASI.- Perum  Perikanan Indonesia bersama PT. Bank Mandiri dan Perhutani  serta didukung Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kelautan dan perikanan, Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN merevitalisasi lahan tambak di kawasan Muara Gembong, Bekasi. Program yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo rabu 1 November 2017, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga pembangunan ekonomi dapat merata.


Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Syahril Japarin, menyampaikan dukungannya untuk terus mengembangkan usaha budidaya tambak udang masyarakat pengelola hutan rakyat di wilayah muara gembong, tahap awal tambak yang akan dikelola 17,2 Ha dari total 80 Ha yang akan dikembangkan. Untuk mendukung para petambak, Perum Perikanan Indonesia akan melakukan pendampingan teknis Budidaya sebagai komitmen penyaluran CSR Perusahaan sekaligus menjadi off Taker dari hasil budidaya udang.


Pendekatan yang digunakan dalam revitalisasi lahan ini, adalah menggunakan model community development yang membutuhkan beberapa elemen pendukung, yakni infrastruktur tambang dan penunjang tambang, sosiokultural, kelembagaan, pendampingan dan off-taker, pembiayaan petambak, peningkatan program kapabilitas, penggunaan teknologi modernisasi tambak, dan monitoring program konservasi mangrove.