Open Nav
Perum Perindo Mulai Ekspor Cakalang ke Jepang

JAKARTA.- Perum Perikanan Indonesia kembali melakukan ekspor produk olahan perikanan. Kali ini berupa Ikan cakalang beku dengan volume 25,68 ton. Ekspor dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Priuk, Sabtu (4/11). Negara Tujuan adalah Jepang.


"Ini ekspor perdana produk cakalang beku hasil kerjasama Perum Perindo dengan Koperasi Santo Alvin Pratama," kata Manajer Pemasaran dan Pengembangan Bisnis SBU Fleet & Operations (FO) Perum Perikanan Indonesia Andrianus.


Menyusul ekspor perdana ini, lanjut dia,  SBU FO selaku unit bisnis Perum Perindo yang bertanggungjawab untuk usaha penangkapan ikan dan hasil laut lainnya, segera akan melakukan ekspor berikutnya. "Rencananya menyusul ekspor gurita olahan. Selanjutnya kami akan ekspor secara periodik, karena sudah ada pasar di luar negeri," tambahnya.


Disamping untuk pasar ekspor, Perum Perindo menurut Andrianus juga terus meningkatkan produksi penangkapan untuk memasok kebutuhan Industri olahan ikan domestik. Khususnya, perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan Perum Perindo. Ada pun unit-unit yang terus digenjot produksi penangkapannya ada di seputar laut Arafura, Maluku dan Sulawesi. Yaitu, unit Sorong, Merauke, Tual, Bacan, Ternate dan Bitung. Target produksi hingga akhir tahun ini mencapai 5.000 - 7.000 ton, dari berbagai jenis ikan dan hasil laut. (*)