Open Nav
Perindo Dipercaya Menristek Coba Kapal Karya Kampus

JAKARTA.- Perum Perikanan Indonesia mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) untuk melakukan uji coba operasi kapal ikan karya perguruan tinggi dalam negeri. Yakni, kapal ikan dengan disain plat datar yang dirancang dan dibuat oleh  dosen dan mahasiswa dua PTN, Universitas Indonesia dan Universitas Hasanuddin.

 
Terkait dengan rencana uji coba itu, Direktur Utama Perum Perikanan  Syahril Japarin didampingi Direktur Umum Reti Ketrinia diterima Menteri Ristekdikti di Kantor Kementerian Ristekdikti Jakarta, Rabu (15/11). Ikut hadir dalam pertemuan Itu Direksi PT. Wijaya Karya Industri & Konstruksi (Wikon), serta wakil dari UI dan Unhas.

Menurut Menristekdikti M. Nassir, pemerintah berkepentingan untuk mendorong perkembangan Industri perikanan nasional melalui penyediaan temuan-temuan dengan teknologi baru. "Kami akan senang sekali kalau kapal ikan yang dirancang kampus bisa dimanfaatkan Perum Perindo," katanya. Karena itu, dia mendukung kesediaan Perum Perindo untuk melakukan uji coba menangkap ikan dengan menggunakan kapal karya kampus tersebut. Dia berharap,disain kapal dan teknologi yang bagus diikuti dengan bukti bahwa kapal ikan berukuran 15 GT tersebut bisa optimal dipakai dalam operası penangkapan ikan.


Sementara itu, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Syahril Japarin menambahkan, kesiapan perusahaan melakukan uji coba kapal yang dibuat di galangan kapal milik BUMN, PT. Industri Kapal Indonesia itu. "Sesuai dengan penugasan kami, Perum Perindo akan nenyiapkan alat tangkap dan juga ABK untuk operasikan kapal ini," katanya. Jika uji coba ini bagus, lanjut dia, Perum Perindo akan mulai memesan kapal plat datar. Pemesanan atau pembelian selanjutnya akan bekerjasama dengan PT. Wikon yang juga terlibat dalam produksi kapal plat datar Ini.