Open Nav
Perindo Tambah Satu Kapal Lagi, Siap Operasi ke Arafura

JAKARTA.- Satu lagi armada kapal ikan dalam pengelolaan Perum Perikanan Indonesia siap berangkat ke Laut Arafura. Yakni KM Inka Mina Makmur 33. Kapal bantuan pemerintah tahun 2012 tersebut tercatat milik Koperasi Usaha Bersama (KUB) Mina Samudera, Pekalongan. Tahun 2015, KUB tersebut melakukan kerjasama dengan Artantyo, pengusaha setempat. Lalu melalui Artantyo, selanjutnya dilakukan kerjasama operasi dengan Perum Perikanan Indonesia. Wujud dari kerjasama tersebut, Perum Perikanan Indonesia menanggung  biaya perbaikan kapal, pengadaan alat tangkap dan juga biaya operasi kapal. Saat ini kapal sudah dalam kondisi siap operasi setelah dilakukan perbaikan dan penambahan alat tangkap.

 

Menandai kesiapan berangkat, Jumat (24/11)  dilakukan serah pengoperasian kapal dari Ketua KUB Mina Samudera Amin Dorin kepada Perum Perindo yang diwakili General Manager (GM) SBU Fleet & Operations Agung Pamujo dan disaksikan Artantyo, selaku mitra KUB Mina Samudera. Ikut menyaksikan anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional Iwan A. Fuad, GM Perum Perindo Cabang Pekalongan Abdul Ngasis dan beberapa undangan lainnya. Selanjutnya Agung Pamujo melakukan penyerahan operası kapal secara simbolis kepada Tarhadi, kapten kapal. "Kami siap mengoperasikan kapal ini sesuai dengan ketentuan yang ada," tegas Tarhadi.

 

Menurut Agung Pamujo, KM Inka Mina Makmur 33 ini akan beroperasi di Laut Arafura dengan Pelabuhan Pangkalan di Tual. "Ini wujud komitmen Perum Perindo untuk menggalakan usaha penangkapan ikan di wilayah Timur Indonesia," katanya.

 

Selain KM Inka Mina Makmur 3, Perum Perindo menyempatkan masing-masing satu kapal collecting di Bacan dan Tahuna untuk membeli ikan nelayan. Lalu, tiga  kapal di Ternate, dua kapal lagi di Laut Sulawesi dan beberapa kapal lagi yang merupakan bagian dari kerjasama usaha Perum Perindo dengan perusahaan perikanan swasta.

 

Perum Perindo juga bekerjasama dengan nelayan Indramayu anggota Koperasi Mina Sumitra untuk mendukung operası penangkapan ikan di Laut Arafura. Yakni, dengan menjamin untuk membeli ikan hasil tangkapan nelayan Indramayu tersebut, langsung di Pelabuhan sekitar fishing ground mereka, yakni di Tual. Hingga saat ini Perum Perindo sdh memberi total sekitar 170 ton dari empat kapal Indramayu yang menangkap ikan di Arafura dan membongkar hasil tangkapan di Tual.