Open Nav
Perum Perindo Siap Beli Udang Petambak Muara Gembong

BEKASİ.- Perum Perikanan İndonesia menegaskan kembali kesiapan untuk membeli udang hasil tambak milik rakyat di lahan eks Perhutani di Muara Gembong, Bekasi. Kesiapan tersebut disampaikan oleh Risyanto di depan Menteri BUMN Rini Soemarno dan para petambak di Muara Gembong, saat kunjungan Menteri Rini ke Muara Gembong, Selasa (17/4).

Program pengalihan lahan eks Perhutani di Muara Gembong menjadi tambak rakyat ini melibatkan tiga BUMN, Perum Perhutani selaku penyedia lahan, Bank Mandiri selaku penyedia dana dan Perum Perindo selaku offtaker atau pembeli udang hasil panen tambak-tambak tersebut.
 
 
Dijelaskan kepada Menteri Rini, di Muara Gembong terdapat 11,6 ribu hektare lahan Perhutani yang siap dialihfungsikan. Dari jumlah itu, sekitar 2.000 hektare dapat dimanfaatkan untuk tambak. Namun, untuk tahap awal rencana akan digarap sekitar 17 hektare. Selain melibatkan tiga BUMN, program ini juga didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ke depannya, Perum Perindo akan terlibat dalam dua hal, selain sebagai offtaker juga pendamping. "Namun sudah disepakati untuk tahap awal ini, Perindo akan berperan sebagai offtaker sementara sebagai pendamping teknis langsung dari tim KKP," jelas Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda.
 
Kunjungan Menteri Rini ke Muara Gembong didampingi oleh Dirut Perindo dan Dirut Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Rini dan direksi BUMN terkait melakukan tebar benih dan dialog dengan para petambak Muara Gembong. Jika tidak ada kendala, benih-benih yang ditebar akan siap dipanen pada pertengahan tahun ini, dengan target 5 ton per hektare.