Open Nav
Perum Perikanan Indonesia Siap Beli Hasil Panen Perdana Udang dari Petambak Muara Gembong

Bekasi (25/7) 600.000 bibit udang vannamei yang ditebar secara simbolis oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, di tambak Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, pada bulan April lalu telah memasuki masa panen. Budidaya udang vannamei di Muara Gembong merupakan hasil sinergi lintas kementerian, antara Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Mewakili masing-masing kementerian, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyalurkan bantuan pendanaan kepada sejumlah petambak Muara Gembong melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), Perum Perikanan Indonesia yang merupakan BUMN di bidang perikanan, mendukung KKP sebagai fasilitator, berperan sebagai off-taker yang membeli hasil panen dengan harga pasar secara tunai. Sementara, KLHK melalui Perum Perhutani mengalihfungsikan lahan seluas 2.000 hektar di Muara Gembong untuk difungsikan sebagai tambak udang. Selain ketiga kementerian tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga turut terlibat dalam alihfungsi lahan melalui perbaikan infrastruktur pendukung di area tambak.

 

 

 

Tim sortir budidaya Perum Perindo dalam Panen Perdana Udang di Muara Gembong, Rabu (25/7)

 

 

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto, Direktur Bank Mandiri, Agus Dwi Handaya, dan mewakili Direktur Utama Perum Perindo, Supervisor Pemasaran & Pengembangan Budidaya Perikanan, Saoloan Pardamean dan Manager PKBL, Aris Widodo, menghadiri seremoni panen perdana di tambak udang vannamei di area cluster 1, petak 2B dan 3A, Rabu (25/7). Pada kesempatan terpisah, disampaikan oleh Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda, bahwa Perum Perindo mendukung sepenuhnya upaya lintas kementerian dalam optimalisasi pemanfaatan lahan hutan negara di Muara Gembong sebagai tambak udang untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

 

“Kami berkomitmen untuk mendukung program budidaya udang di Muara Gembong, sebagai off-taker hasil panen udang di Muara Gembong dengan sistem pembayaran tunai, dan ke depannya Perum Perindo akan terus mengoptimalkan peranannya, sehingga tidak hanya sebagai off-taker tetapi juga sebagai pendamping teknis pelaksanaan budidaya udang di Muara Gembong. Harapannya, dengan terlibatnya Perum Perindo dan juga beberapa instansi terkait memberikan dampak positif yang lebih besar lagi bagi kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya para petambak,” ujar Risyanto.