Open Nav
Diresmikan Jokowi, Perum Perindo Siap Kelola Pasar Ikan Muara Baru

 

JAKARTA—Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) siap mengelola dan menjadikan Pasar Ikan Modern (PIM) sebagai ujung tombak pemasaran produk perikanan kelautan yang modern, bersih, nyaman, aman dan tertata dengan baik.

 

Pasalnya, Perum Perindo merupakan satu-satunya perusahaan pengelola pelabuhan perikanan yang telah berpengelaman selama 29 tahun dalam mengelola pasar  retail produk perikanan kelautan

 

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda mengatakan Perum Perindo menjamin akan mengelola Pasar Ikan Modern secara profesional.

 

“Pengelolaan PIM secara profesional yakni dengan menjamin mutu, kesegaran dan kesehatan serta meningkatkan citra produk perikanan Indonesia. Dengan begitu, produk kami memiliki daya tawar dan daya saing semakin kuat di pasar lokal dan luar negeri,” katanya, Rabu (13/3/2019).

 

Pada hari ini, Pasar Ikan Modern akan diresmikan olen Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo. Peresmian akan digelar pada pukul 18.00 WIB.

 

 

Risyanto menuturkan kehadiran PIM akan memberi warna baru bagi citra produk perikanan dan kelautan Indonesia. Mengingat Muara Baru adalah pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia.

 

Lagipula, Pelabuhan Muara Baru merupakan tujuan utama para pembeli produk perikanan baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Pasar Ikan Modern, lanjut Risyanto, merupakan sarana bagi pedagang kecil dan menengah untuk semakin mengenalkan produk-produk perikanan mereka kepada pembeli yang lebih luas mengingat seluruh pedagang yang berjualan di PIM adalah UKM perikanan kelautan.

 

Selain itu, keberadaan Pasar Ikan Modern juga akan menguatkan pelabuhan perikanan Nizam Zachman Muara Baru sebagai salah satu destinasi wisata bahari dan kuliner di Indonesia.

 

Pasar Ikan Modern merupakan proyek milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perum Perindo.

 

PIM dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.  

 

PIM terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.

 

PIM beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB. Di sini, konsumen dapat membeli berbagai jenis ikan. Ada udang, cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, bandeng, jambal dan banyak lainnya. Pembeli juga dapat meminta ikan segarnya untuk diolah langsung menjadi masakan untuk disantap di food court lantai 3.

 

Presiden Joko Widodo hadir di Pasar Ikan Modern pada pukul 18.30 WIB. Adapun untuk acara peresmian, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dirut Perum Perindo Risyanto Suanda.

 

"Dengan mengucap Bismillah, saya resmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru," kata Presiden Jokowi sembari memukul kentongan beserta para menteri. Selanjutnya, Presiden menandatangani prasasti sebagai penanda persemian Pasar Ikan Modern.

 

 

Presiden Jokowi mengaku senang dan bangga karena Pasar Ikan Modern mampu membalik persepsi dari pasar ikan yang biasanya becek, bau, kotor, tidak nyaman menjadi bersih, nyaman dan mirip pusat perbelanjaan. Dia berharap Pasar Ikan Modern dapat menjadi percontohan pembangunan pasar ikan di kota-kota lain di Indonesia.

 

 

Jakarta. 13 Maret 2018
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia