Open Nav
H-5 Lebaran, Perum Perindo Berangkatkan Pemudik ke Kampung Halaman

JAKARTA—Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) telah sah melepas keberangkatan para pemudik ke Jawa pada gelombang satu dan gelombang dua yang diadakan pada Kamis (30/5) dan Jumat (31/5).

 

 

Agenda ini merupakan salah satu program dari Kementerian BUMN bertajuk Mudik Bareng BUMN 2019.

 

Pada gelombang pertama, Perum Perindo melepas keberangkatan 1 bus dengan tujuan Jakarta-Semarang di Gelora Bung Karno pada  Kamis (31/5). Acara ini serentak dilakukan oleh 104 BUMN dan dihadiri oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno, serta disaksikan para direksi BUMN.

 

 

Sementara itu, pada hari ini Jumat (31/5), Perum Perindo kembali melepas keberangkatan 6 bus dengan rute Jakarta-Pekalongan, Jakarta-Tegal dan Jakarta-Kuningan. Mudik gratis gelombang kedua ini dihelat di kantor pusat Perum Perindo.

 

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda mengatakan kegiatan mudik gratis ini merupakan kontribusi Perum Perindo sebagai BUMN perikanan.

 

“Jadi, BUMN hadir untuk negeri ini kami benar-benar hadir untuk masyarakat, khususnya di Muara Baru, Jakarta Utara.” Katanya usai melepas para pemudik di kantor pusat Perum Perindo, Jumat (31/5/2019).

 

Risyanto menambahkan, para peserta mudik bareng BUMN di bawah naungan Perum Perindo ini sebagian besar merupakan pekerja di Muara Baru. Antara lain pekerja professional, pekerja pabrik hingga pedagang ikan di Muara Baru.

 

 

Pada tahun ini, Perum Perindo menyediakan 7 unit bus dengan total 340 pemudik ke berbagai kota di Pulau Jawa. Risyanto berharap tahun depan perusahaan dapat menjadikan kegiatan mudik sebagai agenda reguler tahunan.

 

“Semoga tahun depan lebih banyak pemudik lagi yang kami berangkatkan. Sehingga kami bisa lebih banyak berkontribusi bagi masyarakat,” tuturnya.

 

Menanggapi, salah satu pemudik dengan tujuan Tegal, Darmanto mengungkapkan senang dengan kegiatan Mudik Bareng BUMN ini. Pasalnya, dia mengaku tahun lalu dia dan keluarganya harus merogoh kocek sendiri demi pulang ke kampung halaman.

 

“Alhamdulillah sekarang ada yang gratis, dan kami pun diberi bingkisan dari baju, topi hingga snack untuk berbuka puasa. Semoga tahun depan Perum Perindo menggelar mudik gratis lagi,” harapnya.

 

Darmanto menerangkan pihaknya mengetahui info mudik bareng bumn 2019 ini dari flyer yang ditempel di beberapa sudut di kawasan Muara Baru. Panitia mudik telah mempromosikan mudik bareng bumn secara massif, baik melalui media sosial maupun dengan cara konvensional.

 

 

Dalam Infomasi tersebut, Perum Perindo juga mencantumkan kontak panitia agar mudah dihubungi oleh para pemudik.

 

Seperti diketahui, gelaran Mudik Bareng BUMN 2019 ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor. SK-52/MBU//2/2019 Tentang Pembentukan Satuan Tugas Mudik Gratis Tahun 2019, yang diubah dengan Keputusan Deputi Infrastruktur Bisnis Nomor. SK-01/D7.MBU/2/2019 dan surat dari Ketua Satuan Tugas Mudik Bareng BUMN 2019 bernomor P/R/330/2019 per tanggal 15 April 2019.

Jakarta, 31 Mei 2019
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia