Open Nav
Upacara Kemerdekaan di 74 Kapal, Perum Perindo dan PPSNZJ Sabet Rekor MURI

JAKARTA—Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) bersama insan maritim Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) menggelar upacara kemerdekaan RI di atas 74 kapal nelayan di wilayah perairan Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019).

 

Upacara ini digelar bersinergi dengan seluruh instansi maritim pelabuhan yakni Dirpolair Korpolairud Baharkam, Pangkalan PSDKP Jakarta, Unit Pelaksana Teknis PPSNZJ, Polsek Muara Baru dan Himpunan Nelayan Purse Seine Nusantara (HNPM).

 

 

Atas acara ini, Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) dianugerahi rekor MURI bertajuk “Upacara HUT Republik Indonesia di Laut Peserta Kapal Ikan > 30 GT Terbanyak”.

 

Pasalnya, setiap kapal bermuatan lebih dari 30 gross tonnage dengan total 74 kapal , yang penuh terisi oleh peserta upacara.

 

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda mengatakan pihaknya turut menggandeng nelayan, para pedagang dan pengusaha pada gelaran upacara di atas kapal, baik menjadi petugas maupun peserta upacara.

 

“Momen HUT Kemerdekaan ini kami turut bersinergi dengan seluruh insan maritim Muara Baru untuk mewujudkan kegiatan yang terintegrasi kemaritiman dan perikanan,”tuturnya, Sabtu (17/9/2019).

 

Sementara di tempat lain, Perum Perindo hadir di Kalimantan Barat dengan para siswa dan siswi SMU/SMK/SLB berprestasi di Provinsi Kalimantan Barat melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019. 

 

Berlokasi di SMA Negeri 1 Mempawah Hilir, Direktur Utama Perum Perindo turut hadir bersama direksi PT Askrindo (Persero) dan direksi PTPN XIII.

 

Menurut Risyanto, pelajar merupakan salah satu prioritas pemangku kepentingan Perum Perindo. Pasalnya, pelajar adalah generasi penerus bangsa.

 

“Pelajar memperkenalkan beragam kekayaan Indonesia kepada dunia termasuk kekayaan Perikanan dan Kelautan di Indonesia,”tuturnya.

 

Risyanto turut bangga dapat hadir dengan para pelajar. Apalagi siswa dan siswi di Mempawah, Kalbar ini merupakan pelajar berprestasi yang telah melalui seleksi untuk mengikuti rangkaian program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) serta menjalani pertukaran pelajar Kalbar ke Bali.

 

Program ini bertujuan agar siswa saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan provinsi lain di Indonesia.

Jakarta. 17 Agustus 2019
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia