Open Nav
Budidaya udang vannamei Perum Perindo melalui pemilihan benur terbaik

Jakarta - Perum Perindo terus berupaya menerapkan budidaya yg baik, salah satunya adalah melalui penerapan budidaya terintegrasi dari hulu ke hilir, yang diawali dengan memburu bibit udang / benur yang terbaik hingga pengembangan hatchery yaitu bangunan yang berproduksi sebagai tempat memproduksi benih ikan.

 

Untuk itu, pada kunjungan kerjanya ke Bandar Lampung (5/12), Direktur Utama Farida Mokodompit didampingi Direktur Operasional perum perindo Arief Goentoro mengunjungi PT Benur Berkah Mandiri (BBM) yaitu perusahaan penghasil benur litopenaeus vannamei. Dalam hal ini, bentuk kerjasama antara Perum Perindo dengan PT BBM mulai dari mendatangkan indukan unggul langsung dari negara asalnya agar dapat memastikan benur perum perindo merupakan kualitas terbaik.

 

Selain itu, Direksi Perum Perindo juga melakukan kunjungan ke PT Indomina langgeng sejahtera (ILS) sebagai tindak lanjut kerjasama ekspor produk udang dengan optimalisasi produk UPI milik ILS yang diawali target ekspor udang 10 - 20 ton/bulan di awal tahun 2020.

 

Direktur Utama Farida Mokodompit mengatakan penguatan lini bisnis budidaya ini sejalan dengan arahan Menteri Kelautan & Perikanan Edhy Prabowo beberapa waktu lalu agar Perindo fokus pada core business termasuk salah satunya adalah bisnis budidaya perikanan.

 

"Kami terus melakukan upaya - upaya penguatan lini bisnis, yang dioperasikan, hal ini juga yang dipesankan Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin agar Perindo dapat menguatkan bisnis," kata Farida (6/12). Bahkan pada langkah penguatan lini bisnis budidaya ini kami juga telah menggandeng tenaga ahli budidaya perikanan" tambahnya.

 

Disamping itu, Direktur Operasional Arief Goentoro menambahkan upaya ini pun sebagai wujud realisasi Perum Perindo dalam mencari bibit udang terbaik, untuk mendukung hasil produksi budidaya yang baik.

 

Perum Perindo merupakan BUMN Perikanan yang fokus pada 3 Lini bisnis usaha yaitu Bisnis Pelabuhan Perikanan, bisnis budidaya dan Perdagangan. Pada Segmen Budidaya ini, Perum Perindo memiliki tambak udang di Karawang, Bengkayang, Barru, Kendal, Pekalongan, Comal dan Keramba Jaring Apung (KJA) Singaraja Bali.