Open Nav
Perkuat Lini Bisnis Kepelabuhan, Perum Perindo Resmikan Portable Cold Storage di Pekalongan

PEKALONGAN – Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) bekerjasama dengan PT DS Solutions Internasional untuk meresmikan Portable Cold Storage di Pelabuhan Perikanan Pekalongan (11/2/2020).

 

Seremonial gunting pita peresmian Portable Cold Storage dilakukan oleh Direktur Utama Perum Perindo Farida Mokodompit dan Executive Director PT DS Solutions International Mr. Gari Gouw.

 

Perum Perindo merupakan BUMN Perikanan yang fokus terhadap bisnis utama (core business) salah satunya adalah lini bisnis Kepelabuhanan Perikanan. Perum Perindo mengembangkan sarana pendukung bisnis perikanan melalui kehadiran Portable Cold Storage atau fasilitas pendingin ikan di salah satu area kerjanya, Cabang Pekalongan.

 

 

Direktur Utama Farida Mokodompit mengatakan Perum Perindo terus berupaya menguatkan bisnisnya. Salah satunya bisnis kepelabuhanan berupa Portable Cold Storage yang bekerjasama dengan PT DS Solutions International. Sebelumnya, di lini bisnis ini, Perum Perindo sudah memiliki fasilitas docking, pengolahan ikan dan Cold Storage existing.

 

 “Kerja sama ini sebagai upaya kami untuk menguatkan bisnis pelabuhan perikanan , kata Farida di sela kegiatan peresmian Portable Cold Storage di Pekalongan, Selasa, (11/02/2020).

 

 

Direktur Operasional Perum Perindo Arief Goentoro menambahkan adanya sarana Portable Cold Storage ini merupakan keseriusan Perum Perindo dalam menerapkan rantai dingin hasil perikanan. Hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan kesegaran ikan. Portable Cold Storage adalah faktor penting dalam bisnis perikanan karena berperan dalam mempertahankan mutu hasil tangkapan ikan yang diserap dari para nelayan.

 

 “Faktor penting bisnis perikanan selain optimalisasi sarana di Pelabuhan Perikanan, kualitas ikan hasil tangkapan juga kami jaga dengan menerapkan sistem rantai dingin, adanya sarana Portable Cold Storage ini memang perdana buat kami di Perum Perindo, dan kami optimis dengan adanya sarana yang didukung dengan teknologi modern ini dapat mendukung peningkatan kinerja Perum Perindo” terang Arief.

 

Jika ini berhasil diterapkan di Pekalongan, tambah Arief, kemunginan dapat diterapkan juga secara berkelanjutan di beberapa Pelabuhan Perikanan lain yag dioperasionalkan Perum Perindo.

 

Sebelumnya, PT DS Solutions Internasional dan Perum Perindo telah ujii coba Portable Cold Storage asal Denmark ini di Pelabuhan Perikanan Muara Baru Jakarta.

 

Hasil percobaan terbukti mampu menghemat daya listrik 54-57% dibandingkan dengan Cold Storage existing yang dimiliki oleh Perum Perindo. Bagi Perum Perindo, keuntungan ini dapat meningkatkan efisensi biaya operasional di area Pelabuhan Perikanan Pekalongan.

 

Selain itu, keunggulan lainnya dari portable cold storage ini adalah bersifat knock down sehingga mudah dilakukan ekspansi atau upgrade kapasitas sesuai kebutuhan, flexible dan  mudah dilakukan pemindahan apabila dibutuhkan.

 

Portable Cold Storage memiliki Insulasi tinggi sehingga dapat menjaga suhu ruangan sangat baik, menggunakan refrigerant ramah lingkungan R452A dan aktivitas mesin terekam pada controller mesin sehingga dapat termonitor dengan baik.

 

Meski telah memiliki Cold Storage Existing yang dikelola Kantor Cabang Pekalongan, kedepan Perum Perindo akan menguatkan bisnis bekerjasama dengan perusahaan swasta untuk optimalisasi kinerja operasional di Kantor – Kantor Cabang Perum Perindo.

 

 “Kami terus membuka peluang kerja sama bisnis dengan pihak swasta sebagai upaya optimalisasi kinerja Perusahaan,” pungkas Arief.

 

Kerjasama antara Perum Perindo dengan PT DS Solutions Internasional ini terjalin melalui Perjanjian Kerja Sama SPRJ No.14/Perindo/GM-B-PKL/VII/2019 tanggal 19 Juli 2019, pada perjanjian kedua belah pihak untuk mewujudkan kerja sama salah satunya untuk kemajuan di sektor perikanan Indonesia.

Pekalongan, 12 Februari 2020
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia