Open Nav
Lebaran, Pasar Ikan Modern Muara Baru Tetap Beroperasi

JAKARTA -  Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) memastikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru tetap beroperasi normal melayani perdagangan ikan pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

 

Direktur Utama Perum  Perindo Farida Mokodompit mengatakan sebagai pengelola Pasar Ikan Modern, pihaknya tetap memberikan layanan kebutuhan pangan ikan kepada masyarakat di hari Lebaran, para pedagang pasar ikan aktif seperti biasanya meski di hari raya, tentunya dengan tetap mengutamakan protokoler covid 19.

 

 “Ini upaya kami untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan bahan baku pangan ikan serta terus aktif merealisasikan hasil tangkapan nelayan” ujar Farida.

 

Dikatakannya lebih lanjut, dari hasil tinjauan di lapangan selama bulan Ramadan masa pandemi covid, aktivitas perdagangan di Pasar Ikan Modern terus aktif operasional, lantaran industri perikanan merupakan salah satu sektor pangan dan termasuk pengecualian PSBB, namun memang untuk aktivitas food court di lantai 2 PIM Muara Baru selama masa PSBB para pengunjung tidak diperkenankan makan diarea tersebut sesuai anjuran Pemerintah.

 

“Biasanya para pengunjung setelah membeli ikan langsung menjinjingnya kearah food court untuk diolah masakan dan disantapnya, dan selama masa PSBB di masa pandemi covid ini diamati para pengunjung hanya membeli beberapa produk Perikanan Indonesia sesuai kebutuhannya”jelas Farida.

 

Selain itu, Farida menambahkan menghadapi persiapan era New Normal Covid 19, Perum Perindo juga telah mensosialisasikan kepada para pedagang ikan di Pasar Ikan Modern untuk tetap memperhatikan protokoler kesehatan covid mulai dari penyediaan hand sanitizer, wastafel untuk cuci tangan serta para pedagang maupun pengunjung juga diwajibkan mengenakan masker selama beroperasi.

 

“Sosialiasi protokoler kesehatan persiapan new normal covid 19 kami terapkan secara menyeluruh kepada para petugas karyawan Perum Perindo hingga para mitra pedagang dan pelaku usaha perikanan, mulai dari protokoler kesehatan pada sarana penyimpanan ikannya di Cold Storage, kebersihan pada lokasi jual beli ikannya di pasar dan protokoler kesehatan kepada konsumen.” Katanya lagi.

 

Hari Raya Lebaran 2020, Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru beroperasi mulai pukul 17.00 hingga 02.00 dini hari layaknya hari normal biasa. Sebagai pasar ikan pertama di Indonesia yang mengedepankan konsep higienitas dan one stop shopping aneka produk perikanan, pasar ikan yang diresmikan Presiden Jokowi setahun lalu tepatnya Maret 2019 merupakan proyek milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perum Perindo. PIM terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.

Jakarta, 24 Mei 2020
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia