Open Nav
Perum Perikanan Indonesia Kerjasama dengan Pemkot Sabang Kelola Fasilitas di PPI Pasiran

Sabang, 20 Mei 2016 – Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Bapak Syahril Japarin hari ini menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Pemerintah Kota Sabang sekaligus meresmikan beroperasinya kantor perwakilan Perum Perikanan Indonesia Unit Lam Pulo dan Sabang. Acara tersebut berlangsung di UPTD Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pasiran, Kota Sabang, Jumat (20/5/2016).

 

Nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Sabang dengan Perum Perikanan Indonesia, ditandatangani Walikota Sabang, Zulkifli H Adam, dan Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Syahril Japarin, disaksikan Sekda Kota Sabang, Sofyan Adam, Wakil II DPRK Sabang, Afrizal, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sabang, Efendi dan unsur pejabat Forkopimda Sabang, serta tokoh Panglima Laot serta masyarakat nelayan. Kedua belah pihak sepakat mengadakan kerjasama dengan prinsip kemitraan, sinergi dan saling menguntungkan melalui optimalisasi Sistem Bisnis Perikanan dengan pemanfaatkan sarana dan prasarana fasilitas perikanan berupa,cold storage, pabrik es, dan Pelayanan Pelabuhan milik Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, yang sesuai dengan fungsi serta wewenang masing-masing guna kelancaran fungsi tugas kedua belah pihak.

 

 

Pemerintah Kota Sabang memberikan kepercayaan kepada Perum Perikanan Indonesia untuk mengelola fasilitas-fasilitas yang terdapat di PPI Kota Sabang. Fasilitas pertama yang akan dikelola oleh Perum Perikanan Indonesia yaitu pabrik es. Selain pabrik es, beberapa fasilitas lain yang dapat dikelola oleh Perum Perikanan Indonesia di kemudian hari seperti cold storage, Unit Pengolahan Ikan (UPI) dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

 

 “Kami menyambut baik dan senang dengan hadirnya Perum Perikanan Indonesia yang berkomitmen untuk membangun sektor perikanan di Kota Sabang. Sabang memiliki potensi ikan khususnya tuna yang melimpah. Harapannya dengan dikelolanya fasilitas di PPI Pasiran dan kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan Perum Perikanan Indonesia, dapat mengoptimalkan potensi sektor perikanan Kota Sabang khususnya pengolahan dan pemasaran ikan tuna hingga menembus pasar ekspor ke Tiongkok,” tutur Walikota Sabang, Zulkifli H. Adam.  

 

Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Syahril Japarin mengatakan akan berupaya menjalankan komitmen dengan Pemerintah Kota Sabang secara maksimal. Diawali dengan mengelola pabrik es, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia berharap dapat mengelola fasilitas-fasilitas lainnya di sektor perikanan milik Pemerintah Kota Sabang. Optimalisasi pengelolaan fasilitas yang ada di PPI Pasiran bertujuan agar dapat meningkatkan aktivitas nelayan untuk mendaratkan ikan di PPI tersebut.

 

 

 “Bidang bisnis yang akan berkembang pesat di Indonesia yaitu pariwisata dan perikanan.  Potensi di Sabang harus dapat dimaksimalkan. Semoga kerjasama ini bisa berjalan dengan baik. Pengoperasian pabrik es PPI Pasiran ini menjadi awal untuk ke depannya Perum Perikanan Indonesia dapat mengoperasikan fasilitas-fasilitas lainnya guna mendorong potensi bisnis perikanan di Kota Sabang,” jelas Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Syahril Japarin.

 

Setelah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Kota Ssabang, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sabang, Efendi, meresmikan kantor perwakilan Perum Perikanan Indonesia Unit Lam Pulo dan Sabang yang terletak di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pasiran.. Kepala Perum Perikanan Indonesia Unit Lam Pulo dan Sabang, Osta Sitompul, bersama salah seorang ‘brigade muda’ yaitu Ahmad Aqsya Zabarsih menyatakan akan melaksanakan komitmen yang telah disepakati bersama dengan Pemerintah Kota Sabang untuk mengembangkan bisnis perikanan di Kota Sabang secara maksimal baik dari kegiatan pengelolaan fasilitas, perdagangan ikan tuna, hingga pengolahan ikan tuna.