Open Nav
80 Mahasiswa IPB Kunjungi Perum Perikanan Indonesia, Pelajari Pengelolaan Pelabuhan Perikanan

Jakarta, 11 Mei 2016 – Perum Perikanan Indonesia hari ini kedatangan 80 orang mahasiswa dari Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (IPB). Kedatangan puluhan mahasiswa beserta dosen pendamping tersebut dalam rangka studi lapang mata kuliah pelabuhan perikanan dan analisis hasil tangkapan. Para mahasiswa hari ini mempelajari langsung kegiatan di di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) baik dari segi kegiatan bisnis oleh Perum Perikanan Indonesia maupun dari segi fungsi pemerintah yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) PPSNZJ.

 

Rangkaian kegiatan studi lapang yang dilakukan di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) antara lain bertemu Direksi Perum Perikanan Indonesia, melihat fasilitas yang ada di PPSNZJ, mengunjungi salah satu perusahaan swasta di bidang pengolahan ikan, dan mengunjungi pusat pelayanan terpadu UPT PPSNZJ milik Kementerian Kelautan dan Perikanan. Para mahasiswa yang masih duduk di bangku semester empat ini dengan antusias mengikuti studi lapang di kawasan PPSNZJ.

 

 

Kedatangan rombongan ke Perum Perikanan Indonesia oleh Direktur Usaha dan Pengembangan Usaha - Dendi Anggi Gumilang, Kepala Divisi SDM, Hukum dan Humas – Marlan, dan Kepala Divisi Keuangan, SDM dan Umum Perum Perikanan Indonesia Cabang Jakarta – Ahmad Fauzi. Direktur Usaha dan Pengembangan Usaha memberikan gambaran umum tentang Perum Perikanan Indonesia dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan yang terlontar dari beberapa mahasiswa yaitu seputar aktivitas pelayanan jasa di PPSNZJ, peran Perum Perikanan Indonesia di pelabuhan perikanan, serta perkembangan kegiatan bisnis yang sedang dilakukan Perum Perikanan Indonesia baik di Jawa maupun di luar Jawa.

 

Direktur Usaha dan Pengembangan Usaha mengatakan, Perum Perikanan Indonesia menyambut baik kedatangan mahasiswa dari IPB maupuun universitas lainnya untuk studi lapang, magang, hingga penelitian. Perum Perikanan Indonesia dapat menjadi tempat untuk mempelajari kegiatan pelayanan jasa pelabuhan perikanan tidak hanya di kantor pusat, melainkan juga ke cabang-cabang atau unit yang ada di luar pulau Jawa.

“Kami menyambut baik kedatangan teman-teman mahasiswa IPB yang ingin mempelajari seluk beluk pengelolaan pelabuhan perikanan di PPSNZJ ini. Silahkan juga kalau ada yang mau penelitian di pelabuhan-pelabuhan kami, selain di PPSNZJ juga ada di Belawan, Pekalongan, dan lainnya. Mau magang ikut merasakan pengalaman kegiatan penangkapan di luar Jawa seperti ke Tahuna, Simeleu, dan Merauke juga bisa,” tutur Dendi Anggi Gumilang, Direktur Usaha Pelabuhan dan Pengembangan Usaha.

 

Usai sesi diskusi di Perum Perikanan Indonesia, perwakilan dosen pendamping yaitu Ibu Retno Muninggar dan Ibu Ernani Lubis memberikan cinderamata kepada Bapak Dendi Anggi Gumilang. Rombongan kemudian melanjutkan kegiatan studi lapang ke salah satu perusahaan swasta di bidang pengolahan hasil perikanan yang ada di kawasan PPSNZJ.

 

 

Setelah mengunjungi perusahaan swasta di bidang pengolahan hasil perikanan, puluhan mahasiswa tersebut beralih ke beberapa fasilitas pelayanan jasa pelabuhan perikanan yang ada di PPSNZJ seperti pabrik es, Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), fasilitas docking kapal, transit sheed di dermaga barat dan mengunjungi kantor pelayanan terpadu UPT PPSNZJ. Puluhan mahasiswa terlihat serius menyimak penjelasan di tiap-tiap lokasi.

 

Setiap tahunnya, Perum Perikanan Indonesia menerima beberapa kunjungan dari Fakultas Perikanan dan Kelautan dari berbagai perguruan tinggi. Perum Perikanan Indonesia membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin mempelajari aktivitas pelayanan jasa pelabuhan perikanan baik kunjungan, magang, penyusunan tugas akhir, atau penelitian.