Open Nav
Perum Perikanan Indonesia Gandeng Koperasi Nelayan 'KOMIRA' Kembangkan Bisnis Perikanan

Jakarta, 22 April 2016 - Perum Perikanan Indonesia menggandeng Koperasi Perikanan Mina Rizki Abadi (KOMIRA) untuk mengembangkan kegiatan bisnis perikanan di Indonesia. Perum Perikanan Indonesia dan KOMIRA sepakat untuk mengadakan kerjasama dengan prinsip kemitraan dan saling menguntungkan dalam pengembangan bisnis perikanan melalui kegiatan perdagangan ikan, pengolahan ikan serta pemanfaatan sarana prasarana produksi dalam mengembangkan bisnis perikanan. Kerjasama tersebut tertuang dalam MoU antara Perum Perikanan Indonesia dengan KOMIRA dalam MoU Nomor : SPRJ-040/PERINDO/DIR.A/IV/2016 yang ditanda tangani pada Rabu, 20 April 2016, bertempat di Kantor Pusat Perum Perikanan Indonesia, Jalan Muara Baru Ujung, Penjaringan, Jakarta Utara. Hadir untuk menandatangani MoU tersebut yakni Ketua Koperasi Perikanan Mina Rizki Abadi (Komira), Rusman Ghazali dan Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Syahril Japarin.

 

Melihat potensi produk perikanan yang diproduksi oleh Koperasi Nelayan 'KOMIRA' masih bisa lebih dikembangkan dan Perum Perindo mulai merambah kegiatan penangkapan, perdagangan dan pengolahan ikan, maka diperlukan kerjasama di berbagai bidang untuk meningkatkan nilai ekonomis dan nilai tambah produk perikanan. Baik Perum Perikanan Indonesia maupun Komira masing-masing juga memiliki sarana prasarana produksi yang dapat saling dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan bisnis perikanan.

 

KOMIRA dipandang sebagai mitra bisnis strategis mengingat koperasi yang bergerak di bidang penangkapan dan perdagangan ikan laut ini telah beroperasi sejak 2003. Titik lokasi penangkapan dan pengepulan ikan laut KOMIRA tersebar di 8 wilayah yaitu di Kendari, Banggai, Manado, Natuna, Pelabuhan Ratu, Ambon, Makassar dan Surabaya. Jumlah nelayan tangkap dan pemindang ikan yang menjadi binaan dari KOMIRA saat ini berjumlah lebih dari 1.000 orang yang tersebar di 8 lokasi tersebut serta Jawa dan Bali. Bahkan KOMIRA telah tercatat sebagai produsen ikan pindang higienis cepat saji sekaligus Anggota Asosiasi Pengusaha Pindang Ikan Indonesia (APPII).