Open Nav
TIM BRIGADE MUDA PERUM PERINDO DISEBAR DISELURUH UNIT USAHA BARU

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya ... Beri aku 10 pemuda, niscaya akankuguncangkan dunia" (Soekarno).  Seperti itulahPidato bapak proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam sebuah acara beberapa tahun lalu, pidato ini memiliki makna bahwa peran anak muda bagi pembangunan bangsa sangat besar dengan jiwa dan semangat yang dimiliki anak muda diyakini mampu melakukan perubahan yang sangat besar.

 

Jika soekarno berkata beri aku 10 pemuda  maka Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Dr Agus Suherman  mengatakan ‘ Berikan aku 20 Pemuda Perikanan maka akan kukembangkan Sektor perikanan dari Hulu sampai Hilir untuk kemakmuran masyarakat, kata kata ini dibuktikan setelah perum perikanan Indonesia merekrut karyawan baru dan muda untuk menjadi agen brigade muda yang disebar diseluruh pelosok Indonesia dan unit usaha perikanan.

 

Karyawan muda yang baru saja direkrut oleh Perum Perikanan Indonesia ini kemudian diberi pelatihan karakter sebelum disebar keseluruh pelosok negeri membangun unit usaha perikanan, karyawan muda perum  perikanan Indonesia ini diberi nama “BRIGADE PERCEPATAN BISNIS PERIKANAN PERUM PERINDO “ tim ini berjumlah 16 orang yang tersebar dibeberapa unit usaha mulai dari sektor budidaya,pengolahan dan perikanan tangkap.

 

Salah satu unit usaha yang dikembangan adalah pengolahan perikanan fillet ikan patin yang ada di jambi. unit usaha ini mampu memproduksi 5 ton/hari fillet ikan patin yang siap dipasarkan didalam negeri untuk kebutuhan konsumsi masyarakat. Sebelumnya berdasarkan laporan dari KKP bahwa selama ini kebutuhan fillet patin banyak di impor dari tailand dan Negara Negara asia lainya. Selain di jambi unit pengoalahan ikan akan dibangun di Kampar pekanbaru riau, dan di tulung agung jawa timur,  jika unit usaha pengoalahan ikan sukses maka boleh dikatakan BUMN perikanan akan semakin jaya.

 

Disektor budidaya Perum Perikanan Indonesia membangun 40 hektar tambak udang di karawang investasi ini memakan dana yang sangat besar, selain itu ada pembenihan udang di lampung dengan luas kurang lebih 5 hektar dikelolah bersama masayrakat setempat, ada juga pembenihan lele di bogor dan ngerajek.

 

Disektor perikanan tangkap Perum Perikanan Indonesia akan mengerakkan Brigade Mudanya untuk memiliki kapal perikanan tangkap guna mengoptimalkan sektor perikanan tangkap yang belum dikuasai secara baik dan secara berkelanjutan.

 

Brigade muda perum perikanan Indonesia ini diharapakan mampu membangun unit unit usaha dan menjadi agen pembangunan perikanan Indonesia dan mewujudkan Indonesia sebagai poros MARITIM Dunia.