Open Nav
Simple Innovation, Great Achievement

"Innovation is seeing what everybody has seen 
and thinking what nobody has thought"
-Albert Szent Gyorgyi- Nobel Winner in Medicine

 

Saat ini dunia terus berubah secara cepat dalam berbagai bidang, yang hampir semuanya dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi digital yang luar biasa. Hampir tidak ada sisi kehidupan yang terlepas dari sentuhan digital, everyone goes digital. Sisi kehidupan mulai dari kegiatan ekonomi, sosial, budaya, seni, teknologi dan yang lainnya tidak terlepas dari sentuhan digital.

 

Satu hal yang kita pelajari dari dunia digital adalah bahwa segala sesuatunya berubah dengan cepat. Teknologi yang hari ini ada di tangan kita, dalam waktu 6 bulan ke depan sudah muncul lagi yang baru, yang lebih cepat, lebih menarik dan lebih fungsional. Perubahan yang cepat itu tidak terlepas dari INOVASI.

 

Seberapa besar pengaruh Inovasi dalam kehidupan manusia tidak perlu disebutkan lagi. Wajah dunia hari ini tidak terlepas dari inovasi yang dilakukan oleh umat manusia selama berpuluh abad. Apakah inovasi itu harus sesuatu yang 'wah' agar bermanfaat bagi kehidupan manusia? Tidak juga. Inovasi sesederha apapun bisa bermanfaat bagi manusia, minimal bagi diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita.

 

Inovasi dalam lingkungan kerja misalnya. Hal-hal sederhana yang mendukung kegiatan kita sehari-hari di dunia kerja, yang mungkin luput dari perhatian kita karena waktu kita tersita dengan kesibukan kita menyelesaikan pekerjaan terus-menerus, apalagi pekerjaan yang sama, sehingga kerja otak kita seperti terprogram untuk melakukan hal standar yang terbiasa kita lakukan.

 

Coba kita berhenti sejenak dan berpikir, hal-hal apa saja yang biasa kita lakukan, dan hal-hal sederhana apa yang apabila kita perbaiki atau ubah kemudian akan mempercepat atau mempermudah pekerjaan kita. Hal kecil tersebut bisa menyangkut cara bekerja, alat kerja, waktu pengerjaan, individu atau tim yang terlibat, aturan, atau hal-hal lainnya.

 

Inovasi dalam proses produksi misalnya, dengan sentuhan sedikit mekanisasi atau otomasi pencatatan yang menggantikan proses manual dapat mempercepat proses-proses produksi. Pengawasan site area yang jauh bisa dilakukan dengan bantuan CCTV IP Kamera, yang bisa dilihat dimana saja lewat perangkat mobile, ini tentu akan menghemat proses pengawasan manual yang harus mendatangi lokasi, dan pasti lebih efektif karena pengawasan ini dapat dilakukan 24/7 serta tersimpan pula file nya yang dapat digunakan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan.

 

Inovasi-inovasi sederhana diatas tidak membutuhkan biaya yang besar, teknologi yang super cangggih, sumberdaya manusia yang sangat hebat, waktu yang lama dan hal-hal besar dan rumit lainnya. Semua itu bisa dilakukan dengan cepat, biaya yang kompetitif dan memanfaatkan sumberdaya manusia yang ada. Inilah inovasi sederhana yang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi perusahaan.

 

Tahun 2019 ini kita jadikan tahun inovasi, berhenti sejenak untuk berpikir bagaimana perubahan sederhana bisa memberi kontribusi besar dalam proses kerja dan pencapaian kita. Seperti judul tulisan di atas, simple innovation for great achievement, inovasi sederhana untuk hasil mendunia.

Jakarta, 10 Januari 2019
Risyanto Suanda