Open Nav
Salam Inovasi, Selamat Ulang Tahun ke-29, Perum Perindo

Who controls the past controls the future. Who controls the present controls the past

 

- George Orwell -

 

Kutipan George Orwell di atas secara gamblang menggambarkan bahwa kekuatan sesungguhnya adalah ketika kita bisa mengendalikan kondisi saat itu, dimana kita, siapa kita, dan sedang apa kita. Kemampuan kita mengetahui siapa kita akan membawa kita ke berbagai dimensi ruang dan waktu yang sepenuhnya bisa kita pahami dan kalahkan berbagai tantangan di sekitar kita.

 

Perjalanan 29 tahun sebuah perusahaan umum tidak mudah. Berbagai proses dan kendala sudah dilalui, dan mungkin akan lebih banyak lagi kendala ke depan. Layaknya seorang anak yang sedang berusaha mempelajari sesuatu yang baru, pasti akan banyak pikiran, waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan. Bahkan tidak jarang diiringi dengan kesakitan, fisik dan psikis.

 

Jaman digital yang serba instan dan cepat, mengharuskan semua perusahaan untuk beradaptasi, menyesuaikan dengan kondisi dan tantangan yang ada. Enggan atau lambat beradaptasi artinya kematian. Saat ini kita berada di kondisi tersebut, tentu kita harus mampu berubah dan menjawab tantangan jaman, bukan hanya mampu beradaptasi tapi mampu berselancar mengikuti gelombang, menaklukan dan menikmati gelombang perubahan tersebut.

 

Saya tidak akan mengatakan kita akan mudah beradaptasi, tidak akan pernah mudah. Baik perusahaan skala lokal, nasional bahkan global akan menemui kesulitan dan tantangan ketika akan berubah. Apalagi kalau kita sudah merasa kita besar dan raja di industri tersebut.

 

Ketika Samsung masuk ke industri elektronik, jajaran eksekutif Sony menertawakan dan meremehkan, mereka menganggap Samsung bukan ancaman karena Sony penguasa pasar dan Samsung belum pernah punya pengalaman di bidang elektronik. Hari ini Samsung adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia, termasuk yang membunuh bisnis layar datar, komputer dan mobile phone Sony.

 

Why? Kenapa Samsung bisa menumbangkan Sony dan raksasa elektronik lain di dunia? Inovasi dan kecepatan, itu kuncinya.

 

Di Sony, setiap usulan inovasi harus melalui berbagai jenjang dan sangat kaku karena mereka sangat menjunjung tinggi senioritas. Para peneliti muda yang yang ingin memberikan masukan sering kali terbentur karena ‘tidak didengar’ oleh eksekutif senior atau mereka merasa sungkan untuk melewati birokrasi senioritas yang kaku. Akibatnya, inovasi berjalan lambat di Sony, mereka terlena. Sementara mereka masih membanggakan teknologi lama, Samsung telah menemukan berbagai teknologi baru yang lebih baik, lebih hebat dan lebih murah biaya produksinya.

 

Di Samsung semua orang didengar, ide-ide segar mengalir setiap hari. Ditambah etos kerja Bangsa Korea Selatan yang memang tidak mau kalah dengan Bangsa Jepang, maka lahirlah temuan-temuan baru yang inovatif dari perut R&D Samsung.

 

Inovasi dan Kecepatan ini harus menjadi kado terindah di ulang tahun Perum Perindo ke-29. Kita mampu, dan kita siap untuk itu. Hari ini kita adalah pemuda berusia 29 tahun yang memiliki aset tersebar di mana-mana. Sudah lulus sekolah dan punya pekerjaan yang bagus, punya semangat untuk maju, didukung penuh oleh orang tua, punya jaringan kerja dimana-mana dan yang terpenting, never give up.

 

Dengan modal diatas tersebut, si pemuda bernama Perum Perindo ini pasti mampu untuk berdaptasi dengan jaman, mampu berubah dan menjawab tantangan ke depan, mampu bersaing untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Berbagai kesempatan bisnis di depan terbuka lebar. Harus segera diraih dan diwujudkan secara nyata, agar si pemuda ini semakin kuat, hebat, makmur, dan bermanfaat buat dirinya sendiri, lingkungan sekitar, orang-orang yang disayanginya. Orang-orang yang sudah setia bersama dan mendukung pemuda ini melewati berbagai tantangan.

 

Selamat ulang tahun ke-29 Perum Perindo. Perusahaan yang diberkahi dengan rasa cinta seluruh karyawan yang tidak pernah putus, siang dan malam.

Muara Baru, 25 Januari 2019
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia
Salam Inovasi,
Risyanto Suanda